Sabtu, 11 Oktober 2014
Pengertian dan Tujuan ISD dan
IPS
Cabang ilmu-ilmu sosial terdiri dari sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain. Ilmu-ilmu tersebut terus berkebang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan manusia, hal ini membuat hampir semua perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu sosial seperti ISD dan IPS.
ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan
dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial yang timbul dan
berkembang dalam masyarakat.
Tujuan ilmu ini adalah memberikan dasar-dasar pengetahuan umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kepada
mahasiswa, yang diharapkan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi
alternatif pemecahan masalah dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu antara
ilmu-ilmu sosial dan ilmu sosial dasar tidak ada perbedaan yang prinsipiil.
Ilmu ini dilatar belakangi oleh banyaknya kritik yang ditujukan pada
sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendekiawan. Mereka berpendapat
bahwa sistem pendidikan yang berlangsung masih berbau kolonial dan masih
merupakan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda yaitu kelanjutan dari
politik ‘balas budi/etisce politik ’ oleh Conrad Theodore van Deventer. Sistem
pendidikan tersebut bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil agar menjadi ‘
tukang’ yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi, perdagangan,
teknik dan keahlian lain dalam tujuan eksploitasi (pemerasan) kekayaan negara.
Latar belakang lain adalah sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang elite
bagi masyarakat kita sendiri sehingga kurang akrab dengan lingkungan
masyarakat, serta tidak mengenali dimensi-dimensi lain diluar disiplin
keilmuannya. Perguruan tinggi seolah-olah menjadi ‘menara gading’ yang
menghasilkan tenaga-tenaga ‘tukang’ yang tidak atau kurang peka terhadap denyut
kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan masyarakat.
Ilmu sosial dasar termasuk ke dalam salah satu Mata Kuliah Dasar Umum
(MKDU), dan sebagai bagian dari Mata Kuliah Dasar Umum, ISD mempunyai tema
pokok perkuliahan yaitu hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya.
Satu lagi bidang ilmu sosial yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi adalah IPS.
Satu lagi bidang ilmu sosial yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi adalah IPS.
IPS adalah suatu bahan kajian terpadu yang merupakan
penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi diorganisasikan dari
konsep-konsep ketrampilan-ketrampilan Sejarah, Geografi, Sosiologi,
Antropologi, dan Ekonomi. Penjelasannya
adalah sebagai berikut:
-IPS sebagai antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia
secara umum.
-IPS sebagai ilmu sejarah adalah ilmu yang membekali peserta didik
dengan pengetahuan tentang dimensi
ruang-waktu perjalanan sejarah suatu daerah secara konkret dan abstrak.
ruang-waktu perjalanan sejarah suatu daerah secara konkret dan abstrak.
-IPS sebagai ilmu geografi adalah ilmu untuk mempelajari lokasi dan variasi keruangan atas fenomena
fisik dan manusia di atas permukaan bumi.
fisik dan manusia di atas permukaan bumi.
-IPS sebagai ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana
individu atau masyarakat memilih
cara penggunaan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan sebagai usaha mencapai
kemakmuran.
cara penggunaan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan sebagai usaha mencapai
kemakmuran.
Ilmu sosial ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Sebagai ilmu yang dipelajari hampir semua peserta didik, IPS mempunyai tujuan utama yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar memahami masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan atas segala ketimpangan, serta terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.
ISD dan IPS
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari fakta dan ilmu sosial. Walaupun ilmu-ilmu tersebut sama-sama mempelajari ilmu sosial, ilmu-ilmu tersebut memiliki perbedaan dalam segi penerapan, Ilmu Sosial Dasar lebih tertuju kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
Ruang Lingkup ISD
Ada dua masalah yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah ISD.
-Adanya berbagai aspek yang merupakan satu masalah sosial yang dapat
ditanggapi dengan pendekatan
sendiri/ menurut keahlian yang berbeda-beda, maupun sebagai gabungan pendekatan gabungan antar
bidang.
sendiri/ menurut keahlian yang berbeda-beda, maupun sebagai gabungan pendekatan gabungan antar
bidang.
-Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat,
yang maisng-masing
mempunyai kepentingan, kebutuhan serta pola- pola pemikiran dan pola tingkah laku sendiri, tetapi juga
amat banyaknya kesamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran dan
tingkah laku yang menyebabkan pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerjasama dalam
masyarakat kita.
mempunyai kepentingan, kebutuhan serta pola- pola pemikiran dan pola tingkah laku sendiri, tetapi juga
amat banyaknya kesamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran dan
tingkah laku yang menyebabkan pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerjasama dalam
masyarakat kita.
Bedasarkan ruang lingkup di atas kiranya masih perlu penjabaran lebih lanjut untuk bisa
dioperasionalkan kedalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan yaitu:
dioperasionalkan kedalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan yaitu:
-Mempelajari dan menyadari adanya berbagai masalah kependudukan dan
hubungannnya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
-Mempelajari dan menyadari adanya masalah-masalah individu, keluarga
dan masyarakat. Mengkaji
masalah-masalah kependudukan dan sosialisasi serta menyadari identitasnya sebagai mahasiswa.
masalah-masalah kependudukan dan sosialisasi serta menyadari identitasnya sebagai mahasiswa.
-Mempelajari hubungan antara warga negara dan negara
-Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat
-Mempelajari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat
perkotaan dan pedesaan.
-Mempelajari dan menyadari adanya pertentangan-pertentangan sosial
bersamaan dengan adanya
integrasi masyarakat
integrasi masyarakat
-Mempelajari usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh
manusia untuk memanfaatkan
kemakmuran dan pengurangan kemiskinan.
kemakmuran dan pengurangan kemiskinan.
1. Apa pengertian dari ISD?
Answer: ISD adalah gabungan dari disiplin
ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial
yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.
2. Apa pengertian dari IPS?
Answer: IPS adalah suatu bahan kajian terpadu yang merupakan
penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi diorganisasikan dari konsep-konsep
ketrampilan-ketrampilan Sejarah, Geografi, Sosiologi,
Antropologi, dan Ekonomi.
3. Apa tujuan dari ISD?
Answer: memberikan
dasar-dasar pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
gejala-gejala sosial kepada mahasiswa, yang diharapkan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah dalam
kehidupan masyarakat. Dengan begitu antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu sosial
dasar tidak ada perbedaan yang prinsipiil.
4. Apa tujuan dari IPS?
Answer: untuk mengembangkan potensi peserta didik agar
memahami masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat,
memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan atas segala
ketimpangan, serta terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari
baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.
5. Sebutkan 2 aspek yang dipakai sebagai bahan pertimbangan
untuk menentukan ruang lingkup
pembahasan mata kuliah ISD!
pembahasan mata kuliah ISD!
Answer: -Adanya
berbagai aspek yang merupakan satu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri/ menurut keahlian yang berbeda-beda,
maupun sebagai gabungan pendekatan gabungan antar
bidang.
-Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam
masyarakat, yang maisng- masing mempunyai kepentingan, kebutuhan serta pola-
pola pemikiran dan pola tingkah laku sendiri, tetapi juga amat banyaknya
kesamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran da tingkah laku yang menyebabkan
pertentangan maupun hubungan setia kawan dan kerjasama dalam masyarakat kita.
Sumber:
BAB I Ilmu Sosial Dasar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas X Semester 1, Edisi Revisi, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas X Semester 1, Edisi Revisi, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Firmansyah, Herlan. Romi Pernando dan Agus Awaludin. 2010.
Advanced Learning Economics 1 For Grade X Senior High School, Bandung:
Grafindo Media Pratama.
http://www.kajianteori.com/2013/02/pengertian-ips-hakikat-pembelajaran-ips.html
http://www.tuanguru.com/2012/07/tujuan-ilmu-pengetahuan-sosial.html
http://oktarinisi.wordpress.com
http://www.kajianteori.com/2013/02/pengertian-ips-hakikat-pembelajaran-ips.html
http://www.tuanguru.com/2012/07/tujuan-ilmu-pengetahuan-sosial.html
http://oktarinisi.wordpress.com
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar