Minggu, 29 Maret 2015

KEWIRAUSAHAAN: PROPOSAL USAHA AMELIA'S LIBRARY

PROPOSAL USAHA
PENJUALAN BUKU ONLINE (AMELIA’S LIBRARY)


A.             PENDAHULUAN

I.                Latar Belakang

Dewasa ini, perkembangan teknologi sudah semakin canggih, begitu juga dengan cara kita mencari dan mendapatkan informasi mengenai apapun. Semua dapat kita dapatkan secara mudah hanya dengan melalui gadget yang saya yakin hampir semua orang di masa kini memilikinya.
Walaupun begitu, masih banyak pula orang-orang di sekitar kita yang masih membutuhkan informasi melalui buku-buku,karena bagaimanapun, seperti kita semua ketahui, informasi yang kita dapatkan secara mudah di internet,tidak sepenuhnya lengkap.
Selain mempermudah dalam hal pencarian informasi, teknologi masa kini juga dapat mempermudah kita dalam mendapatkan apa yang kita inginkan dengan jalur cepat. Salah satu contohnya adalah melakukan transaksi jual-beli. Seperti kita ketahui,di zaman sekarang ini, penjualan dengan system online shop sedang maraknya menjadi system termudah dalam melakukan transaksi jual-beli. Penjualan dengan system ini dapat mempermudah pembeli dalam mendapatkan barang yang diinginkan. Kita dapat melakukan pemesanan dengan jalur online, melakukan pembayaran yang juga hanya dengan menggunakan ATM,dan dalam waktu tertentu barang yang kita pesan sudah sampai di tangan kita. Mudah, cepat, dan praktis, terutama untuk orang-orang yang sibuk untuk sekedar mengunjungi sebuah tempat perbelanjaan.

II.             Tujuan

           Tujuan saya mendirikan usaha ini, seperti yang saya sebutkan pada latar belakang, saya ingin mempermudah sistem pembelian dengan melakukan penjualan secara online.dalam hal ini, saya akan melakukan penjualan melalui beberapa media social seperti: instagram, twitter, facebook, bbm, dll. Dalam hal lain, tentu saja saya ingin memberikan suasana baru dalam penjualan buku yang sebagian orang menilai buku adalah suatu hal yang baku, saya ingin orang lain menemukan suasana baru dalam mendapatkan sebuah buku, dan dengan kata lain, saya ingin masyarakat khususnya Indonesia mulai “melirik” buku.

III.             Target Pelanggan

            Target pelanggan usaha saya ini tentunya semua jenis umur, tapi yang lebih saya utamakan adalah remaja. Karena buku yang saya jual bukan hanya buku yang berbau informasi-informasi baku, tetapi juga novel-novel remaja yang tentunya dapat meningkatkan minat baca para generasi muda.






IV.             Rencana Pemasaran

Organisasi pelaksana:

Nama perusahaan                                                        : Amelia’s Library
Sistem penjualan                                                         : Online shop


Modal:

-Pembelian buku                                                         : Rp. 5.000.000,00
 (100 buah buku @50.000)
-Pembelian alat dan bahan untuk pembungkus             : Rp. 200.000,00
 (sampul, perekat, gunting, dll)
-Pembuatan kartu nama                                              : Rp. 200.000,00
-Uang transportasi
  (Untuk beli buku, bahan,dan pengiriman barang)       : Rp. 100.000,00
-Self-salary                                                                : Rp. 1.000.000,00
  (sekaligus keuntungan per bulan)

Harga jual:

Rp. 60.000,00 per buku


V.                Penutup

            Usaha yang akan saya jalankan secara online ini, Insya Allah akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Selain karena cara penjualan yang dapat mempermudah pembeli, harga yang akan saya berikan pun sangat cocok dengan kantong para pelajar maupun mahasiswa. Selain pembelian buku langsung ke pada distributor resmi, saya akan memberikan beberapa potongan harga dalam masa promosi. Dengan itu, saya optimis bahwa usaha saya akan banyak diminati oleh masyarakat.
              Demikian proposal ini saya buat sebagai pegangan dalam pengelolaan usaha dan tolak ukur keberhasilan usaha. Semoga usaha ini yang saya dirikan dapat berjalan dengan sukses.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jadi penanyi ?WAW

Riska Amelia mengatakan...

bacot ah :(

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates