Minggu, 05 Juli 2015

KESAN TUGAS BERJUALAN



Di semester 4 ini, aku kedapetan mata kuliah kewirausahaan, yah, jujur aja sebenernya bingung juga anak sastra inggris dikasih matkul kayak gini. Beberapa bulan lalu pak dosen ngasih tugas ke mahasiswanya buat j u a l a n, nahloh! Buat aku yang passion-nya bukan di sana langsung bingung dong? Mau jualan apa? Caranya gimana? Modalnya darimana?
Untungnya, pak dosen sempet ngasih cara-cara buat dapetin modal, tapi yah tetep aja masih kepikiran, haha. Actually, aku pernah nyoba jualan baju online, tapi nggak bertahan lama akhirnya nyerah di tengah jalan. Nggak bisa dipungkiri juga ya, jualan itu salah satu pekerjaan yang menggiurkan banget kalo diitung-itung.
Nah, langsung ke inti. Setelah pikir-pikir, jualan itu emang bener-bener bukan bidang aku, terus gimana caranya aku ngerjain tugas ini? Caranya, aku ngegabunginnya sama hobi, baca novel. Jadi, aku mutusin buat jualan novel (bisa liat laporannya di sebelum postingan ini).
Hal pertama yang harus dipikirin setelah dapet ide ini, cari pasarannya. Pak dosen pernah bilang kalo sasaran pasar itu cuma ada dua: kelas atas sama kelas bawah, nggak ada yang namanya kelas menengah. Kalau yang kita incar itu kelas atas, gampang, bagusin packaging-nya, terus tinggiin harganya, kalangan atas nggak akan mentingin harga, mereka lebih mentingin kualitas, kalau packaging-nya bagus, kualitasnya juga keliatan bagus, kan? Beda sama kalangan bawah yang lebih mentingin harga dibanding kualitas. Jadi, aku pilih sasaran pasarku adalah kelas bawah, karena modal yang aku keluarin juga sedikit. Spesifiknya, sasaran pasarku itu remaja, karena yang aku jual novel remaja.
Kedua, harus dipikirin sistem penjualannya. Berhubung aku nggak punya tempat dan sekarang ini lagi rame-ramenya online shop, aku pilih sistem ini buat ngerjain tugasku. Yah, dari pribadi sih emang lebih suka belanja online, lebih gampang dan cepet aja.
Ketiga, nama usaha. Aku milih nama belakangku sendiri buat dijadiin nama usaha, Amelia’s Library.
Setelah semuanya udah, tinggal dijalanin deh. Di laporanku bisa diliat berapa modal, harga jual, sama keuntungan yang aku dapet. Dan sekarang, aku mau ngasih kesan selama ngejalanin tugas jualan ini. Kesannya yah, jualan itu hal yang menarik buat aku, berhubung aku sendiri orang yang suka belanja, aku jadi suka punya keinginan buat jualan sendiri. Kalo buat dipikirin sih ya seneng-seneng aja, apalagi mikirin untungnya, haha. Tapi, kalo udah dijalanin, p u s i n g. yah, aku bukan tipe orang yang pinter promosi, atau pinter ngomong ke orang lain, jadi kendalanya mungkin di situ.
Overall, banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari mata kuliah kewirausahaan ini, nggak cuma soal jualan aja, tapi juga tentang kepribadian, berhubung selain tertarik sama sastra inggris aku juga tertarik sama psikologi, aku jadi lebih seneng kalo pak dosen lagi nerangin tentang kepribadian, haha. The last sentence, kalo ditanya, “mau lanjut jualan atau nggak?” jawabannya, NO!




R.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates