Senin, 21 Maret 2016

 

     Menurut Rosenbalt (1982), komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, pesan, gagasan, dan hal lain yang sejenisnya yang dilakukan secara pribadi atau umum melalui media, baik berupa simbol atau tanda-tanda untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Pada postingan sebelumnya, penulis juga telah membahas tentang arti dari komunikasi sendiri dan beberapa jenis komunikasi.
     Secara etimologis, teknologi berasal dari kata techne yang berarti serangkaian metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan sebuah objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang metode dan seni. Namun secara umum, teknologi juga dapat diartikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai.
  1. Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis.

         
    Dalam berbisnis, tentunya komunikasi sangat diperlukan sebagai salah satu unsur yang akan membawa bisnis tersebut pada tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Dengan memiliki komunikasi yang baik, bisnis tersebut akan mendapatkan beberapa pengaruh, seperti:

    -Membantu membangun tim.

    Dalam membentuk suatu tim, tentunya diperlukan seorang pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik terhadap anggotanya.

    -Menghindari kesalahpahaman.

    Kesalahpahaman tentunya sangat wajar terjadi di dalam dunia bisnis. Namun, dengan memiliki komunikasi yang baik dengan sesama, tentunya resiko tersebut akan dapat diminimalisir.

    -Membantu dalam meningkatkan proses bisnis.


    Dengan memiliki saluran komunikasi yang terbuka, tentunya bisnis akan dapat terus ditingkatkan secara efisien.

    -Meningkatkan kualitas layanan.


    Interaksi yang baik dengan pelanggan dapat meningkatkan kualitas bisnis di mata pelanggan. Hal tersebut tentunya menjadi nilai tambah bagi bisnis tersebut.
  2. Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis.
         Pada dunia modern seperti sekarang ini, tentunya teknologi menjadi salah satu hal yang paling penting dalam memenuhi kebutuhan manusia. Dalam dunia bisnis, teknologi sudah merupakan bukti nyata bahwa sekarang ini bisnis sudah semakin berkembang, terbukti dengan banyaknya bisnis-bisnis baru yang tidak hanya dilakukan secara offline, namun juga dilakukan secara online. Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia bisnis:

    -Menarik konsumen.

    Dengan adanya teknologi informasi, pebisnis dapat memiliki akses dan pilihan untuk berkomunikasi serta melakukan promosi yang semakin beragam. Hal ini tentunya dapat memberikan pengaruh yang sangat positif terhadap perkembangan bisnis itu sendiri.

    -Efektivitas Biaya.

    Teknologi memberikan banyak pilihan kepada pebisnis untuk melakukan penjualan yang tentunya akan lebih efisien jika dibandingkan dengan bisnis offline yang mengharuskan pebisnis mengeluarkan biaya-biaya operasional yang harus dikeluarkan terkait dengan bisnis offline mereka.

    -Berbisnis 24 jam.

    Melakukan bisnis selama 24 jam sehari sangat mungkin dilakukan bagi para pebisnis yang berbasis teknologi, karena pekerjaan yang sangat mudah dilakukan hanya melalui internet dan gadget mereka tentunya akan sangat membantu apabila dibandingkan dengan bisnis offline.
  3. Kesimpulan.

    Komunikasi, bisnis, dan teknologi merupakan tiga hal yang berkaitan, yang harus ada dalam sebuah bisnis. Bisnis yang baik tentunya harus memiliki komunikasi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Teknologi juga merupakan media tambahan yang diperlukan dalam berbisnis di era modern seperti ini, karena dapat mempermudah jalannya bisnis, juga meningkatkan adanya keuntungan bagi pebisnis yang bersangkutan.
Source

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates