Senin, 14 September 2015

 [Sumber: http://auliarahmahtnaz.blogspot.co.id/2015/07/review-novel-dilan-dia-dilanku-tahun.html]


Haloooo! kemaren-kemaren aku kebanyakan nulis review novel Omennya kalex alias Lexie Xu, sekarang aku mau review novelnya Pidi Baiq, Dilan. jujur aja aku nyesel pas baca novel ini. Iya, nyesel... nyesel kenapa baru baca sekarang? Kenapa nggak dari kemaren-kemaren?!!

Jadi, aku ini kalo mau beli apa-apa harus liat review-nya dulu di internet, pas aku baca-baca kayaknya kurang seru, deh, setting-nya juga tahun 1990 kan kayak jadul gitu. Tapi akhirnya aku nyoba baca juga novel ini (hasil minjem. haha), DAN TERNYATAAAAA... yaampun boleh nggak sih ini si Dilan jadi Dilanku jugaaaakkkk?!!!

Terus intinya gimana isi novelnya? Oke-oke, langsung aja, ya, haha.

Novel ini berlatar tahun 1990 di Bandung dan Jakarta, sebagian besar sih di Bandung. Penggambaran tempat, nama jalan, segala macemnya itu detail banget menurut aku. Nah, novel ini ditulis dari sudut pandang Milea. Milea ini anak baru di SMA-nya Dilan, waktu Milea lagi jalan kaki ke sekolah, tiba-tiba Dilan dateng, bingung dong Milea, karena waktu itu dia belum kenal. Eh tapi si Dilan malah bilang, "Kamu Milea, ya? Boleh gak aku ramal? Aku ramal nanti kita akan bertemu di kantin." Wahhh! apaan itu? Aneh banget kan anaknya? Baru ketemu udah begitu.

Seiring berjalannya waktu, Milea dan Dilan semakin deket. Kok bisa deket? Iya, Dilan ngelakuin hal-hal aneh ke Milea, sampe Milea yang awalnya ngerasa kayak, "apaan sih?" jadi terhibur juga. Tapi bener deh yang dilakuin sama Dilan itu aneh-aneh tapi sweet banget, dan yang penting... anti-mainstream! WAH! SUKAAAAK!

Contoh kelakuan Dilan itu waktu dia tiba-tiba dateng ke rumah  Milea bareng sahabatnya, Piyan. Mereka ke sana cuma nganter undangan ke Milea, isinya?

"Bismillahirrahmanirrahim. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Dengan ini, dengan penuh perasaan, mengundang Milea Adnan untuk sekolah pada: Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu."

Lah! Apaan banget, kan? Hahaha. Ada lagi waktu Milea ulang tahun, di saat orang-orang ngasih kado boneka atau something sweet lainnya, Dilan ngasih apa coba? NGASIH TTS YANG UDAH DIISI! Iya TTS, udah diisi pula, buat apa, kan? Tapi di dalemnya ternyata ada kertas yang tulisannya:
"SELAMAT ULANG TAHUN, MILEA.
INI HADIAH UNTUKMU, CUMA TTS.
TAPI SUDAH KUISI SEMUA.
AKU SAYANG KAMU
AKU TIDAK MAU KAMU PUSING
KARENA HARUS MENGISINYA.
DILAN!"

Ternyata itu ya tujuannya, duh Dilan! Kenapa aneh tapi sweet? Hahaha.
Pokoknya novel ini bagus, diambilnya dari sudut pandang si Milea kayak yang udah aku bilang. Terus soal gaya bahasa? Hmm, gaya bahasanya gimana, ya? Sedikit baku sedikit enggak (apaan dah -_-), pokoknya agak baku gitu, tapi aku yang biasanya keganggu sama gaya bahasa kayak gitu jadi nggak ada masalah, loh! Justru asik-asik aja, sampe sekali baca langsung selesai, nggak pake berenti, haha. Dan oh, ya, kayaknya anggaran belanja make up kali ini harus aku alihin dulu buat beli novel Dilan yang kedua. Terima kasih, Dilan, udah bikin aku bimbang -_- (maapin malah curhat).

Pokoknya harus baca banget deh ini, seru! Tapi, ada tapinya ya... buat yang cewek, hati-hati ntar kalian kepengen punya cowok yang ngehibur banget kayak Dilan, HAHAHA.

Rate: 5/5




R. 

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates